b. Struktur Sistem Operasi :
Sistem operasi menyediakan lingkungan dimana program dapat dieksekusi. Salah satu aspek terpenting sistem operasi adalah kemampuan untuk melakukan multiprogramming. Multiprogramming meningkatkan pemanfaatkan CPU dengan mengorganisir job (kode atau data) sehingga CPU selalu mempunyai satu job untuk diproses (mengurangi idle). Sistem multiprograming menyediakan lingkungan dimana bermacam sumber daya (CPU, memori dan peralatan lain) digunakan lebih efektif tetapi tidak menyediakan interaksi user terhadap sistem komputer. Time sharing (multitasking) adalah perluasan logical dari multiprogramming. Dalam sistem ini CPU meng-eksekusi banyak job dengan me-switch diantaranya, tetapi switch tersebut dilakukan sesering mungkin, sehingga user dapat berinteraksi pada setiap program selagi berjalan.
Contohnya ketika ada suatu aplikasi (video render) sedang diproses, user dapat melakukan pekerjaan lain misalnya mengetik dokumen di aplikasi word processor.
Fungsi Komponen Sistem Komputer:
- perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian komputer dalam bentuk fisiknya, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya.
- Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang harus terinstal lebih dulu sebelum perangkat lunak aplikasi lainnya terinstal. Karena perangkat lunak sistem memungkinkan komputer untuk melakukan tugas operasional utama dan membuat perangkat lunak aplikasi dapat berjalan.
- Perangkat lunak aplikasi adalah yang bisa membantu kita untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Masing-masing perangkat lunak aplikasi memiliki tujuan yang berbeda-beda, Dengan terinstalnya perangkat lunak aplikasi maka kita sudah bisa menggunakan atau menjalankan komputer. Baik itu mengerjakan tugas, mendengar musik, bermain game, dan lain-lain.
- User adalah pengguna dari sistem komputer itu sendiri.
2. Memory - Hierarchy
§ Peningkatan waktu akses (access time) memori (semakin ke bawah semakin lambat, semakin ke atas semakin cepat)
Bagian dari sistem operasi yang mengatur hirarki memori disebut dengan memory manager.Di era multiprogramming ini, memory manager digunakan untuk mencegah satu proses dari penulisan dan pembacaan oleh proses lain yang dilokasikan di primary memory, mengatur swapping antara memori utama dan disk ketika memori utama terlalu kecil untuk memegang semua proses. Tujuan dari manajemen ini adalah untuk:1. Meningkatkan utilitas CPU.
3. Hitungan Desimal, binner, okta, hexa :
a. 101101
b. 6
c. 6 8
d. 22
e. 436
f. 101101
4. Kategori Item :
- Input Device : Microphone, Track ball, optical mouse, scanner,OCR, digitizer,
- output devace : injeck printer, speker, LCD, plotter, MICR
- OS system : Android, linux Suse, IBM OS/2
- Application SOfwate : Winamp, Windows media player, ms. out look, 3Dmax
- Internal Memory : Room, register, chance memory
- External Memory : compaq disk, RAM, Hardisk, Flasdisk
5. Menguraikan Makna gambar :
- Dilihat dari ukurannya, dari awal keluar ukurannya yg sebesar ruangan dan sekarang di era 2000 sudah kecil
- dari sisi networking, pertama kali keluar belum ada jaringan namun sekarang sudah menggunakan jaringan semua
- sisi penguat sinyal , dulu sebesar vacumtubes dan sekarang sudah sekecil semi conductor
- denality, saat pertama kali keluar hanya ada satu dan sekarang sudah berjuta-juta
- sisi kecepatan, era 50an hanya ratusan dan sekarang sudah bermilyar-milyar
- kehandalan, tahun 50an hanya mampu beratahan selama beberapa jam, namun di era 2000an sudah mampu sampai tahunan
- segi memory, pertama kali keluar kapasitasnya ribuan saja, sekarang mampu milyaran
- biaya, tahun 50an masih sangat mahal yaitu sekitar $10, namun sekarang dapat di beli dengan harga terjangkau hanya $0,00010
kesimpulan : Dilihat dari segi apapun era 50an memiliki banyak kekurangan,,, terus berkembang kegenerasi 1-5 yang akhirnya generasi ke 5 atau sekarang lah yang memiliki banyak kelebihan.
.jpg)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar